CONTOH PROGRAM KEWIRAUSAHAAN
Nama :Nuripah,S.Pd SD
PROGRAM
KEWIRAUSAHAAN
PEMENUHAN
KEBUTUHAN SARPRAS TEMPAT IBADAH MELALUI KERJASAMA DENGAN
PENGURUS MASJID
PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SD NEGERI KALADAWA 01
2023
A. Latar
Belakang:
Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi
Lulusan mengatur kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi
kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan
masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah. Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi
pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Lulusan
SD/MI/SDLB/Paket A memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 1. beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME, 2. berkarakter, jujur, dan peduli, 3.
bertanggungjawab, 4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5. sehat jasmani
dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Gambaran kondisi capaian
sikap siswa di sekolah dasar antara lain: Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME; Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap berkarakter baik; Memiliki perilaku pembelajar sejati
sepanjang hayat; Memiliki perilaku sehat jasmani dan rohani; dan Memiliki
perilaku bertanggung jawab. Perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME meliputi Berdoa sebelum dan setelah melakukan
aktivitas; Mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain; Taat menjalankan
ibadah sesuai dengan agama yang dianut; Melaksanakan aturan agama yang dianut.
Kondisi di SDN Kaladawa 01 Sebagian besar/seluruh
siswa dan warga sekolah beragama Islam sampai saat ini sekolah belum memiliki
sarana ibadah yang berupa tempat ibadah/mushola sekolah yang layak digunakan
untuk pembiasaan shalat berjamaah, sedangkan kondisi lahan tanah sudah tidak
memungkinkan lagi untuk pembangunan mushola sekolah. kebetulan di sekitar
sekolah terdapat Mushola milik masyarakat desa. Tuntutan SKL pada kompetensi
sikap dimensi sikap spiritual menghendaki setiap lulusan taat menjalankan ibadah
sesuai dengan agama yang dianut.
Berdasarkan paparan
kondisi sekolah tersebut, untuk dapat memenuhi SKL, sekolah perlu menyediakan
tempat ibadah yang dapat digunakan untuk membiasakan siswa/warga sekolah menjalankan
shalat berjamaah, Untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah tersebut, sekolah
perlu menjalin kemitraan dengan masyarakat terutama Pengurus Masjid .
B. Tujuan:
Adapun tujuan program
kewirausahaan ini adalah:
1. Tersedianya
fasilitas dan sarpras ibadah bagi siswa dan warga sekolah
2. Terlaksananya
pembiasaan taat beribadah bagi siswa dan warga sekolah
3. Terpenuhinya
SKL dimensi sikap taat menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianut
(menjalan shalat berjamaah).
C. Indikator
Keberhasilan:
Indicator
keberhasilan program kewirausahaan ini adalah:
1. Terjalin
kemitraan antara sekolah dengan masyarakat / Pengurus Masjid
2. Tersedia
fasilitas sarpras dan tempat ibadah untuk siswa dan warga sekolah
3. Secara
rutin dan terjadwal terlaksana pembiasaan shalat berjamaah
4. Seluruh
siswa dan warga sekolah taat menjalankan
ibadah sesuai ajaran agama Islam shalat berjamaah
D. Sasaran:
Sasaran
program kewirausahaan ini adalah:
1. Siswa
2. Warga
sekolah
3. Masyarakat
/ Pengurus Masjid
4. Tempat
ibadah / mushola
5. Sarpras
ibadah
E. Bentuk
Kegiatan:
Adapun
bentuk kegiatan untuk mendukung program kewirausahaan adalah menjalin kemitraan
dengan masyarakat / Pengurus Masjid :
1. Rapat
koordinasi dengan dewan guru, warga sekolah, dan komite sekolah
2. Menyusun
program kewirausahaan
3. Mensosialisasikan
program kepada warga sekolah
4. Mengorganisir
pelaksanaan program
5. Menjalin
kemitraan dengan masyarakat / Pengurus Masjid
6. Rapat
koordinasi dengan masyarakat / Pengurus Masjid
7. Menyusun
legalitas kemitraan berupa MOU
8. Penandatanganan
MOU
9. Melaksanakan
kemitraan sesuai MOU
F. Waktu
dan Tempat:
Waktu
pelaksanaan program kewirausahaan ini dimulai pada semester I tahun pelajaran
2023/2024
Adapun
tempat pelaksanaan program kewirausahaan ini adalah di SDN Kaladawa 01
G. Jadwal
dan Struktur Program:
1. Jadwal
Kegiatan Program Kewirausahaan
No |
Kegiatan |
Bulan |
1 |
Perencanaan |
Juli 2023 |
2 |
Pelaksanaan |
Agustus 2023 – Juni 2024 |
3 |
Evaluasi |
Desember 2023 dan Juni 2024 |
4 |
Tindaklanjut |
Juli 2024 |
2. Struktur
Program Kewirausahaan
No |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Perencanaan: |
1 Bulan |
Rapat koordinasi |
|
|
Menyusun program |
|
|
Sosialisasi program |
|
|
|
Menjalin kemitraan |
|
|
Menyusun dan menandatangani MOU |
|
2 |
Pelaksanaan: |
11 Bulan |
Melaksanakan kemitraan sesuai MOU |
|
|
3 |
Evaluasi |
2 Bulan |
Monitoring |
|
|
Evaluasi |
|
|
4 |
Tindak lanjut |
1 Bulan |
H. Susunan
Panitia:
Susunan
panitia kemitraan dan pembiasaan
No |
Nama |
Jabatan
di sekolah |
Jabatan Panitia |
1, |
NURIPAH |
Kepala Sekolah |
Penanggungjawab |
2, |
ETI
SUWANTI |
Guru PAIBP |
Ketua |
3, |
MEILA RAKHMAWATI |
Guru Kelas 1 |
Anggota |
4, |
WAGE |
GuruPenjaskes |
Anggota |
5, |
DRAJAT |
Komite Sekolah |
Anggota |
I. Langkah-langkah
Kegiatan:
1.
Perencanaan
a. Rapat
koordinasi dengan dewan guru, warga sekolah, dan komite sekolah dan membentuk
panitia kegiatan kemitraan dan pelaksanaan pembiasaan beribadah
b. Menyusun
program kewirausahaan tentang pelaksanaan pembiasaan beribadah
c. Mensosialisasikan
program kepada warga sekolah
d. Mengorganisir
pelaksanaan program
2.
Pelaksanaan
a. Menjalin
kemitraan dengan masyarakat / Pengurus Masjid
b. Rapat
koordinasi dengan masyarakat / Pengurus Masjid
c. Menyusun
dan menyepakati legalitas kemitraan berupa MOU
d. Penandatanganan
MOU
e. Melaksanakan
kemitraan sesuai MOU
f. Mensosialisasikan
hasil MOU untuk pembiasaan shalat berjamaah di mushola kepada siswa dan warga
sekolah
g. Membentuk
tim pembiasaan: guru pendamping, guru pembimbing
h. Menyusun
jadwal shalat berjamaah
i. Membimbing
siswa membiasakan shalat berjamaah di mushola
j. Membimbing
siswa menjaga ketertiban di Mushola.
3.
Evaluasi
a.
Membentuk
tim monitoring dan evaluasi
b.
Menyusun
instrument monitoring dan evaluasi
c.
Melaksanakan
monitoring selama kegiatan berlangsung
d.
Melaksanakan
evaluasi
4.
Tindak Lanjut
a. Berdasarkan
hasil monitoring dan evaluasi, dilakukan identifikasi keberhasilan dan
kelemahan dalam pelaksanaan program pembiasaan shalat berjamaah.
b. Menganalisis
penyebab munculnya kelemahan dan kendala
c. Mendiskusikan
alternative pemecahan masalah utnuk mengatasi kendala
d. Menindaklanjuti
hasil diskusi pemecahan masalah untuk mengatasi kendala diterapkan pada
pelaksanaan pembiasaan tahun pelajaran berikutnya
J. Pembiayaan:
Pembiayaan
untuk mendukung keterlaksanaan program
diambil dari BOS dengan rincian sebagai berikut:
No |
Kegiatan |
Jumlah Uang |
1 |
Rapat koordinasi dengan dewan guru, komite sekolah
pembentukan panitia |
Rp200.000 |
2 |
Rapat koordinasi dengan masyarakat |
Rp 300.000 |
3 |
Pembelian alat shalat |
Rp 1.000.000 |
4 |
Pengadaan sarpras |
Rp 3.000.000 |
5 |
Pengadaan naskah MOU |
Rp 100.000 |
6 |
Penggandaan dokumen rapat, dan dokumen program |
Rp 100.000 |
7 |
Lain-lain |
RP 10.000.000 |
|
Jumlah |
Rp 14.700.000 |
K. Penutup:
Harapan
yang ingin dicapai dari program ini adalah terwujudnya siswa/lulusan yang taat
beribadah sesuai agamanya. Semua usaha kami tidak akan berhasil tanpa ridlo
Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dan dukungan dari semua pihak. Untuk itu kami
berharap dukungan dari semua pihak demi keberhasilan program ini.
EVALUASI PROGRAM
KEWIRAUSAHAAN
PEMENUHAN
KEBUTUHAN SARPRAS TEMPAT IBADAH MELALUI KERJASAMA DENGAN PENGURUS MASJID
No |
Kegiatan |
Target |
Ketercapaian |
Kesenjangan |
Kendala |
Tindak lanjut |
1 |
Terjalin kemitraan antara sekolah dengan
masyarakat / Pengurus Masjid |
MOU disepakati dan ditandatangani semua
pihak |
Kepala sekolah dan Pengurus Masjid sepakat dan menandatangani MOU |
Tidak
ada |
Tidak
ada |
Memperpanjang
MOU |
2 |
Tersedia fasilitas sarpras dan tempat
ibadah untuk siswa dan warga sekolah |
Tersedia alat shalat untuk seluruh siswa |
|
|
|
|
3 |
Secara rutin dan terjadwal terlaksana
pembiasaan shalat berjamaah |
Pembiasaan terlaksana secara rutin |
|
|
|
|
4 |
Seluruh siswa dan warga sekolah taat menjalankan ibadah sesuai ajaran agama
Islam shalat berjamaah |
100% siswa dan warga sekolah taat
menjalankan ibadah |
|
|
|
|
Kaladawa,25 Oktober 2022
Komite
Sekolah Kepala Sekolah
DRAJAT NURIPAH, S.Pd.SD
Komentar
Posting Komentar